Tim PkM USM Beri Pendampingan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pengelola Penginapan di Tahura KGPAA Mangkunagoro I
SEMARANG (Ampuh.id) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan pendampingan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Pengelola Penginapan di Tahura KGPAA Mangkunagoro I di Jl Tambak, Dusun Sukuh, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Rabu (12/2/2025).
Tim PkM USM terdiri atas Ketua Herman Novry Kristiansen Paninggiran SE MMPar, anggota Bram Arvianto SE MMPar, dan Agnesia Putri K ST MT MSc.
Herman mengatakan, kegiatan diikuti 15 peserta dari masyarakat sekitar Tahura yang bekerja sebagai pengelola Homestay.
”Kualitas layanan adalah kunci utama dalam meningkatkan kepuasan tamu. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk meningkatkan kualitas layanan, baik dalam menerima tamu, penataan kamar, melayani dalam makanan dan minuman. Dengan demikian, kita dapat menciptakan pengalaman yang berkesan bagi tamu dan meningkatkan keunggulan dalam industri pariwisata,” katanya.
Menurutnya, penyajian makanan dan minuman bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan tamu, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman yang berkesan. Oleh karena itu meningkatkan kualitas penyajian makanan dan minuman serta memastikan setiap tamu merasa puas dan nyaman.
”Kami berharap, kegiatan ini membawa dampak positif bagi pengelola penginapan di Tahura KGPAA Mangkunegoro I,” ujarnya.
Salah satu pengelola Tahura, Dhidhit Suryono SHut memberikan apresiasi positif terhadap tim PkM USM yang telah membagi ilmu.
Dia berharap, ke depan, ada kegiatan serupa untuk menambah pemahaman karyawannya.
”Pelatihan ini sangat bagus. Kami berterima kasih kepada tim PkM USM yang telah membantu peningkatan kualitas layanan pada pengelola Tahura,” ungkapnya. (*)