Tim PkM USM Beri Pelatihan Optimalisasi Pemasaran ke UMKM Galery-Imaey

SEMARANG (Ampuh.id) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pentingnya optimalisasi pemasaran bagi UMKM Galery-Imaey di Jl. Candi Prambanan Utara II, RT.7/RW.11, Pasadena, Kalipancur, Ngaliyan, Semarang pada Sabtu, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Widiyanti SE MM, anggota Ratna Tunjungsari SE MSi dan Agung Budiartono SE MSi. Mereka dibantu 2 mahasiswa Ekonomi Akuntansi USM.

Ketua Tim PkM USM, Widiyanti mengatakan, kegiatan tersebut menjadi wahana menyampaikan edukasi, pelatihan informasi dan berbagi inspirasi kepada pelaku UMKM.

Tujuan kegiatan untuk mendampingi mitra mengoptimalkan kebermanfaatan digital marketing untuk lebih meningkatkan potensi keuntungan usaha dalam kondisi ketidakpastian yang melingkupi.

”Kami memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pentingnya optimalisasi pemasaran bagi pelaku UMKM untuk membantu mereka memasarkan produk agar lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan transaksi sehingga membuka potensi keuntungan yang lebih besar,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya mengajak diskusi tentang materi yang disampaikan sampai mitra benar-benar memahami tentang pentingnya memaksimalkan kebermanfaatan adanya digital marketing dan media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, tik tok live, dan youtube yang menciptakan peluang lebih luas dan terbuka.

”Tujuan utama sebuah bisnis adalah provit oriented, hal ini menjadi tolak ukur dalam kesuksesan sebuah usaha, berapa laba yang diperoleh, apakah konsisten nilainya dari waktu ke waktu, apakah terjadi peningkatan atau justru penurunan penjualan,” ujarnya.

Menurutnya, ada berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut di antaranya, efektivitas dan efisiensi dalam berbagai aspek, salah satunya adalah mengimplementasikan strategi pemasaran yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat untuk menjalankan operasional bisnis.

Hal itu dapat menekan biaya promosi, operasional maupun dalam biaya iklan dan efektifitas memilih strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang telah dilayani perusahaan agar tercapai sesuai sasaran.

”Menggunakan media sosial untuk sarana pemasaran digital adalah pendekatan ekonomis yang dapat meningkatkan keunggulan bisnis pada UMKM. UMKM harus dapat memanfaatkan strategi pemasaran yang tepat sasaran, efisien dan efektif, dengan begitu para pelaku UMKM dapat mempertahankan positioningnya di pasar tujuan,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *